Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

"Modernisme: Pembangunan atau Kemunduran?"

 

Modernisme: Pembangunan atau Kemunduran? gambar : gorbysaputra.com
Modernisme: Pembangunan atau Kemunduran?
gambar : gorbysaputra.com

"Pengaruh Modernisme dalam Sejarah Eropa"

Modernisme, di mana kehidupan sehari-hari dipenuhi perkembangan pesat dalam teknologi seperti mesin uap, listrik, serta transportasi yang lebih cepat. urbanisasi membentuk ulang cara hidup orang-orang lingkungan sosial jadi lebih kompleks, dinamis namun penuh dengan tekanan dan kegilaan kehidupan sehari-hari, yang kini dipenuhi oleh perkembangan teknologi dan urbanisasi menciptakan perasaan keterasingan di antara individu-individu. mereka merasa semakin jauh dari nilai-nilai tradisional yang dulu memberikan kepastian dan kenyamanan.

Modernisme menawarkan janji kemajuan namun membawa serta kegilaan sebuah 
ketidak pastian baru, di mana individu berjuang untuk menemukan jati diri mereka di tengah perubahan yang begitu cepat Martin heidegar Dalam tulisannya "SEIN UND ZEIT BEING ON TIME", Menjelaskan konsep keterlemparan di mana individu merasa terlempar ke dalam dunia tanpa kendali atas banyak aspek fundamental, dari kehidupannya kita tidak memilih, kapan? di mana? atau dari keluarga apa kita dilahirkan kita hadir di dunia dalam situasi dan kondisi yang sudah ada sebelumnya. 

Dan bukan kita yang menentukannya sendiri dan ini memberikan perasaan kecemasan pada kita yang sadar bahwa hampir semua yang terjadi ini berada di luar kondisi eksistensi kita dan kegilaan ini dapat kita lihat dalam ekspresinya dalam seni modern mau itu lukisan, pahatan, sastra ataupun arsitektur yang semuanya menolak tradisi bereksperimen dengan bentuk dan medium dan penuh dengan abstraksi untuk konteks zaman modernisme sebenarnya hampir menyentuh titik puncak globalisasi di mana hampir seluruh dunia mengalaminya.

namun khusus di pembahasan kali ini saya Gorby Saputra akan berupaya menyajikan kepda anda dan kita akan fokus ke titik utama di mana semua kejadian itu terjadi yaitu Eropa utamanya Inggris dan Prancis dan juga Amerika kita akan membahas Bagaimana modernisme mulai muncul dan berkembang mengupas berbagai aspek yang terjadi selama era ini di sini kita akan mengeksplorasi Apakah zaman modernisme benar-benar merupakan surga yang selama ini diimpikan oleh leluhur kita atau justru hanyalah bentuk kegilaan baru yang lahir dari kemajuan teknologi? Dan perubahan sosial yang begitu cepat.

THE SHATTERING

" Diperbolehkan oleh semua pihak bahwa cara kuno untuk memecahkan telur sebelum kita memakannya adalah pada bagian ujung yang lebih besar namun kakek yang mulia saat ini ketika ia masih kecil hendak memakan telur dan memecahkannya sesuai dengan kebiasaan lama tanpa sengaja memotong salah satu jarinya".

Ini adalah pembukaan dari novel karya Jonathan Swift berjudul gullivers travels sebagai Satire untuk mengkritik perselisihan teologis dan politik yang seringkiali tampak sepele namun dapat menyebabkan konflik yang besar.

di mana ceritanya mengenai para big Indians dan Little Indians yang berdebat mengenai cara paling benar untuk memecahkan sebuah telur, ini juga direka ulang di episode SpongeBob The Battle of Bikini Bottom di mana SpongeBob yang mengatakan untuk membasuh tangan melawan Patrick yang tidak mau.

Semua konflik yang terjadi terkesan konyol dan aneh kita yang melihat sejarah terheran-heran Kenapa bisa negara hampir hancur. Dikarenakan konflik-konflik seperti ini. contoh yang paling kentara adalah ketika Raja Henry kedelapan dari Inggris memisahkan gereja Inggris dari gereja Katolik Roma pada tahun 1534 setelah paus CLEMENT ke-7 menolak untuk mengizinkan pembatalan pernikahannya dengan Catherine of Aragon.  Dikarenakan Henry ingin bercerai dengannya karena tidak dapat memberinya pewaris laki-laki dan Henry ingin menikahi Anne Boline. 

Dan ini semua mengarah pada lahirnya undang-undang supremasi yang menetapkan Henry sebagai kepala tertinggi gereja Inggris dan menolak otoritas paus, dan memulai reformasi agama di Inggris di akhir cerita Swift gulliver sampai di  Tanah Houyhnhnm. di mana ada dua penduduk kuda cerdas dan bijaksana, Houyhnhnm yang terlihat hidup dalam masyarakat yang sempurna yang dipimpin oleh logika murni dan kebajikan.

Dan juga manusia primitif bernama yahooss yang memiliki sifat terburuk manusia yaitu keserakahan kekerasan dan kebodohan yang mengakar dia secara tidak langsung mengatakan bahwa akal sehat dan rasionalitas itu penting dalam menyelesaikan masalah sosial yang terjadi. 

Dan Pada masa ini modernisme Ini mulai terjadi antara tahun 1500 sampai 1750 populasi Eropa meningkat dua kali
lipat dari sekitar 65 juta menjadi sekitar 127,5 juta dan setelah itu di tahun 1900, ini meningkat lagi sebanyak dua kali lipat menjadi hampir 300 juta jiwa dan seiring perkembangan populasi ini urbanisasi meningkat banyak orang memilih untuk tinggal di kota mulai dari tahun 1520 yang hanya 5 dari 100 orang tahun 1660 menjadi 13 dari 100 orang dan akhirnya tahun 1660 menjadi 28 dari 100 orang.

Dan ini semua terjadi dikarenakan perubahan besar dalam demografi struktur sosial masyarakat yang terjadi dikarenakan revolusi industri. rasionalitas dan kebijaksanaan membuat manusia menciptakan Serangkai inovasi teknologi yang radikal dan mengubah landkap sosial ekonomi terutama di Inggris. 

James Watt menemukan mesin uap yang menjadi sumber energi untuk mesin pabrik, George Stephenson menemukan kereta api yang dikembangkan dari mesin uap untuk memungkinkan transportasi barang dan manusia dengan efisien. 

Thomas Edison menemukan lampu listrik yang merevolusi penerangan tanpa pembakaran, Graham bell menemukan telepon, Edward Jenner menemukan vaksin Nicéphore Niépce dan Luis deaguere menemukan kamera fotografi. 

Dan masih banyak lagi, Swift benar manusia yang dijunjung oleh rasionalitas dan akal sehat akan menciptakan peradaban yang lebih maju dan progresif. namun kehidupan para Houyhnhnm yang tampak damai dan teratur, ternyata juga dingin tanpa perasaan dan tanpa kedalaman sosial mereka tidak kenal cinta simpati dan belas kasih. 

Ini dia katakan akan menjadi bahaya karena menghilangkan esensi dari kemanusiaan dan kesempurnaan yang didasarkan pada rasionalitas Hanyalah ilusi. tidak akan mungkin terjadi karena itu tidak manusiawi.

Karena manusia sebenarnya adalah campuran dari keduanya Houyhnhnm yang rasional dan yahoos yang emosional. revolusi industri di gadang-gadang akan menjadi perubahan besar yang akan mengubah seluruh kehidupan manusia di mana Teknologi akan memecahkan semua masalah pertumbuhan ekonomi akan otomatis membawa kesejahteraan modernisasi akan menciptakan masyarakat yang lebih adil. 

Dan proses industrialisasi akan memberikan kehidupan yang lebih baik bagi semua orang, Namun semua ini memicu berbagai konflik sosial dan ekonomi dikarenakan
ketidakmampuan sistem monarki untuk mengantisipasi perubahan revolutif yang cepat.

Masyarakat di Amerika koloni Inggris pada saat itu tidak puas dengan kebijakan monarki yang otoriter pajak yang tinggi kebijakan sentralistik dan membatasi hak-hak mereka. dan keinginan untuk mendapatkan hak sendiri dan kebebasan. 

Dan ini memicu perang kemerdekaan, pertempuran demi pertempuran terjadi hingga kekalahan Inggris dalam pertempuran saratoga pada Desember 1777, dan Prancis yang selama ini bersaing dengan Inggris ikut pada tahun
1778 diikuti oleh Spanyol pada tahun 1779 yang memukul keras kekuatan paling besar pada saat itu monarki Inggris. 

Di dalam negeri Lord North, Perdana Menteri Inggris pada saat itu menghadapi tekanan yang luar biasa menghadapi ketidakpuasan Irlandia yang terus menuntut otonomi dan kebebasan. dan dia juga terus-menerus diganggu oleh House of commons anggota parlemen Inggris yang menyalahkannya karena kegagalan Inggris di Amerika. 

Pemerintahan Inggris berantakan melihat semua perkembangan ini dan King George ke3 Raja Inggris pada saat itu harus mengusap kepalanya yang keras terus menerus melihat semua ini. dan tidak hanya itu di dalam negeri banyak konflik kelas terjadi yang diperparah oleh sistem monarki yang gagal menyediakan mekanisme pem intahan yang responsif dan inklusif untuk menangani keluhan-keluhan masyarakat Urban yang terus berkembang dan berubah. 

Salah satunya yang paling parah adalah insiden Gordon di mana terjadi kekacauan yang melanda-landen Inggris selama 7 hari di mana para perusuh menguasai kota dan menghabisinya seakan-akan seperti pesta para criminal.

Pada malam 7 Juni 1780, seluruh kota London terutama southwalk dimakan oleh api insiden ini seperti gerbang menuju liberalisme di mana kerusuhan menjadi puncak dari serangkaian bencana domestik dan internasional yang melanda monarki Inggris. 

Kegagalan monarki Inggris semakin terlihat pada akhir abad ke-18 di mana Inggris mengalami yang namanya Carnival of Crime, terutama di London terbukti dengan peningkatan rata-rata eksekusi tahunan yang meningkat dari 47 sampai 80 kasus. 

Pada tahun 1780-an pelaksanaan undang-undang Bloody Code yang menjatuhkan hukuman mati terhadap lebih dari 200 pelanggar. serta transportation act yang mengasingkan koloni new southwest yang malah tidak berhasil mengatasi masalah kejahatan yang terus meningkat dan ada delapan narapidana di old biley yang menolak pengasingan dan memilih dieksekusi dikarenakan ketidakpercayaan terhadap pemerintahan monarki. 

Dan pada tahun 1782 di mana para diplomat Amerika melakukan negosiasi yang panjang sampai akhirnya dicapai dalam membentuk perjanjian Paris yang ditandatangani pada 3 September 1783, di mana Inggris menyerahkan Amerika Serikat dan membuatnya secara resmi Merdeka. 

Cerita yang sama juga terjadi di Prancis, di mana ketika mereka mendengar tentang kemerdekaan Amerika ketidakpuasan yang sudah mengakar di masyarakat Prancis yang menderita di bawah sistem feodal yang korup dan kondisi sosial yang carutmarut di mana Prancis diperintah oleh seorang raja yang diakini ditunjuk oleh Tuhan yaitu Loui 16 dengan 10.000 orang bekerja di istana utamanya di versa dan sekitar 60% pendapatan kerajaan dihabiskan untuk menopang kemewahan istana. 

Krisis ekonomi semakin mendalam, masyarakat Prancis terbagi dalam tiga golongan di mana golongan pertama clerus yang memiliki sepersepuluh dari tanah dan menerima pajak gereja. mereka bebas dari pajak dan sering kali berasal dari keluarga bangsawan. Golongan kedua adalah bangsawan yang pegang posisi istimewa bebas dari pajak dan menduduki peran penting dalam masyarakat. 

dan golongan ketiga yang mencakup 97% populasi adalah petani yang hidup dalam kemiskinan dan kaum borjuis kecil yang semakin hari jumlahnya semakin meningkat bodohnya Louis ke-16 tidak menyadari bahwa ekonomi Prancis sebelum revolusi sangat bergantung pada pertanian yang produktivitasnya sangat rendah. 

sejak peristiwa Little Ice Age yang mengurangi sinar matahari ditambah dengan pajak yang menindas golongan ketiga, dan ini menyebabkan kondisi ekonomi yang kacau harga roti melonjak, Dari 9 su ke 14,5 su hampir setara dengan upah harian pekerja yang menyebabkan 60 sampai 80% anggaran
rumah tangga golongan ketiga hanya untuk satu potong buaget. 

dan ini menyebabkan kelaparan dan kerusuhan akibat roti yang dikenal sebagai flour war atau perang tepung. suatu hari di tahun 1789 ketika diberitahu bahwa rakyat Prancis tidak memiliki roti untuk dimakan Marie Antoinette istri Raja Louis 16 konon berkata biarkan mereka makan kue pernyataan ini menjadi simbol kebencian terhadap monarki yang dekaden dan ini memicu revolusi terbesar dalam sejarah Prancis, dan ketika kerusuhan terjadi di istana Marie dianggap
mengatakan bahwa dia berkata bahwa para perusuh itu akan dihukum dan digantung. 

namun beberapa tahun kemudian dia yang menjadi korban eksekusi tersebut revolusi di Prancis terjadi di tahun 1789, dan rakyat Prancis akhirnya berhasil menjatuhkan monarki. dan 3 tahun kemudian monarki dihapuskan dan Prancis mendeklarasikan Republik pertama dengan Loui 16 dieksekusi setahun setelahnya, terjadi pemerintahan teror oleh maximilian robespier selama setahun dan akhirnya semua kekacauan ini berhenti sementara ketika Napoleon Bonaparte naik dan mendirikan konsulat. 

Louis saudara dari Louis 16 mengambil alih pemerintahan dan digantikan nantinya oleh saudaranya Charles ke-10 dan akhirnya terjadi pemberontakan kembali di mana raja rakyat Louis Phillips mengambil alih pemerintahan di mana pemerintahannya dikenal sebagai monarki Juli, Louis Phillips merancang Sistem pemilihan yang sangat terbatas hanya laki-laki yang membay bayar pajak lebih dari 300 FR per tahun, yang boleh memilih dan calon anggota Chamber of deputies salah satu dari dua kamar legislatif b'kameral harus berusia lebih dari 40 tahun dan membayar pajak lebih dari 1000 Frank per tahun. 

ini berarti hanya sekitar 1% dari rakyat Prancis yang bisa terlibat dalam pemilihan meninggalkan golongan ketiga para petani, para burjuis, pedagang yang mayoritas tanpa perwakilan ketidakpuasan terhadap sistem ini semakin besar dan direspon oleh penerbitan September l yang melarang kritik terhadap raja pada 22 Februari 1848 pembatalan acara bengket reformasi memicu protes besar-besaran di Paris demonstrasi berubah menjadi kerusuhan selama 2 hari, dengan barikade di jalan-jalan dan bentrokan antara warga dan pasukan keamanan. 

pada 24 Februari kerumunan massa menyerebut Chamber of deputies dan menyatakan berdirinya pemerintahan sementara di hotel deville Raja Louis Philips menyerahkan takhta dan melarikan diri ke Inggris. menandai berakhirnya monarki Juli dan awal dari Republik kedua. 

pemerintahan sementara segera mengeluarkan dekrit yang menetapkan hak pilih universal untuk laki-laki pada 5 Maret 1848 membawa Harapan Baru bagi rakyat Prancis untuk mencapai cita-cita demokrasi. 

harapannya akan memberi efek positif dari reformasi pemilihan umum yang sudah hancur di bawah bendera monarki pada tanggal 1 Oktober 1847 di puncak kampanye, perjamuan reformasi pemilu adalah jalan yang harus kita tempuh kita harus memanfaatkannya dan penderitaan masyarakat yang kita keluhkan akan hilang. 

ketiga kata yang merangkum doktrin demokrasi liberte, egalite, fraternite pada akhirnya akan terwujud dekrit nasional menjadi simbol Harapan Baru bagi rakyat Prancis yang Selama ratusan tahun mengalami penindasan di bawah sistem monarki. 

akhirnya melalui perjuangan panjang mereka mendapatkan kesempatan untuk mewujudkan cita-cita melanggengkan kebebasan melalui sistem demokrasi Republik, monarki terjatuh pertempuran mengenai cara paling benar memecahkan telur, mulai berakhir dan mungkin akan digantikan dengan yang lebih baik revolusi terjadi dengan harga yang cukup tinggi. 

banyak jiwa terhapuskan di persimpangan jalan dan itu barangkali harga yang perlu dibayar untuk kebebasan, yang selain membuka jalan untuk berekspresi tapi juga untuk berpikir matahari telah tenggelam. kita masuk ke era di mana bulan adalah satu-satunya yang menerangi dunia akhirnya Cakrawala tampak jelas kembali Meskipun tidak cerah akhirnya kapal-kapal kita dapat berlayar lagi berangkat untuk menghadapi segala bahaya setiap keberanian dari para pecinta pengetahuan diperbolehkan lagi lautan laut, lautan kita terbuka lagi mungkin belum pernah ada lautan yang begitu terbuka seperti ini. 

THE AGE OF THE MONTH

pada pukul 12:15 siang, Maria antoniet naik ke perancah untuk menemui Charles Henri sanson algojo terkenal yang sebelumnya telah mengeksekusi suaminya Raja Louis 16. 

10 bulan sebelumnya sanson yang mendukung penggunaan guilotin mungkin tidak pernah membayangkan bahwa dirinya harus mengeksekusi mantan majikannya Ratu Perancis, kala itu mengenakan pakaian putih sederhana yang sangat berbeda dari pakaian Sutra dan satin biru khasnya Maria antoniet tidak sengaja menginjak kaki sanson Dia kemudian meminta maaf dengan nada yang sopan dan berkata "Maafkan saya tuan saya tidak sengaja". 

hal misterius yang tidak sempat dipahami kala itu adalah Mungkin Sang Ratu di dalam kepalanya telah menyadari bahwa kesetaraan dan kelembutan hati adalah cita-cita yang mulia hari ini. tidak aneh rasanya jika kita memilih baju mana yang kita sukai film seperti apa yang mau kita tonton makanan jenis apapun yang kita inginkan kita bebas memilih kesadaran akan kebebasan hanya dijamin oleh munculnya ide tentang kebebasan yang biasanya disebut liberalisme. 

liberalisme telah ditempatkan dengan jelas di panggung publik sebagai seruan bagi individu-individu yang menginginkan kebebasan dan batasan-batasan yang tidak bisa dibenarkan serta sebagai seperangkat pengaturan institusional yang fundamental untuk melegitimasi dan memperhalus praktik-praktik politik di atas segalanya. 

liberalisme menjadi penanda dari gagasan-gagasan dan kebijakan-kebijakan yang dimaksud untuk mereformasi membebaskan dan membuka kemungkinan bagi individu yang ingin menjalani hidup sesuai dengan pemahaman mereka sendiri konsep kebebasan yang kita nikmati hari ini berakar dari peristiwa sejarah. 

terutama revolusi Prancis ini di mana ide-ide tentang liberte, egalite, dan fraternite mulai terbentuk dan diperjuangkan secara masif oleh hampir semua orang setelah ratusan tahun lamanya. 

skala revolusi tidak dapat dibendung dengan cara apapun oleh para aristokrat Imanuel kant dalam bukunya mendefinisikan pencerahan sebagai kemunculan manusia baru dari ketidakdewasaan yang dipaksakan. 

maksud ketidakdewasaan adalah ketidakmampuan seorang individu menggunakan akal tanpa bimbingan orang lain gambaran paling mudah dari pendapatnya adalah ketika Johann Tetzel, seorang biarawan pada tahun 1526 mendukung pengumpulan dana dengan dalih renovasi basilika Santo Petrus, dengan dekrtit ini menjual indolgensi atas surat Pengampunan Dosa baik bagi yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dan ternyata sebagian besar hasil uang ini digunakan untuk membayar utang pribadi milik albrecht Von brandenberg. 

kepada keluarga fugar yang telah mendanai pembelian jabatan dan eklesiastiknya, dosa siapa saja yang terampuni kita tidak pernah tahu dan lebih parahnya lagi, sebelum zaman pencerahan ada yang namanya konsep Divine Rights of Kings "di mana raja-raja dipercaya mendapat otoritas mereka langsung dari Tuhan membuat mereka hanya bertanggung jawab kepada Tuhan dan bukan kepada rakyat"

Selain itu gereja memperkenalkan indeks librorum prohibitorum daftar buku terlarang yang diterbitkan untuk mengontrol informasi dan memastikan bahwa hanya teks yang disetujui oleh gereja yang bisa diakses oleh umat

dan ini masih panjang para bangsawan perpanjangan tangan gereja di bawah monarki memiliki tipu muslihat yang sama pada tahun 1665 hukum raja tokungeloven di Norwegia mengamanatkan bahwa Raja harus dihormati sebagai sosok paling sempurna dan paling tinggi di bumi berdiri di atas semua hukum masyarakat dan tidak ada yang bisa menjadi hakim atas dirinya baik dalam urusan Ilahi maupun duniawi kecuali Tuhan. 

Di ingggris raja-raja tudor seperti Henri ke-7, Henri ke-8 dan Elizabeth pertama, berhasil memperkuat kekuasaan Kerajaan meskipun ada pengaruh parlemen setelah perang mawar yang menewaskan banyak bangsawan raja-raja tudor. 

justru melihat peluang untuk mengonsolidasikan otoritas kerajaan bahkan melampaui kekuasaan gereja mereka juga memanfaatkan kelas burjuis yang berkembang yang mengakuisisi properti dari bangsawan dan gereja membentuk kelas penguasa baru, yang mendukung kekuasaan raja posisi monarki absolut mengakomodasikan dengan sengaja Pembodohan terhadap masyarakat kelas yang seringki tidak memiliki kebebasan berpikir sendiri atau sekalipun mengekspresikan pandangan mereka. 

masyarakat dipaksa untuk patuh pada keputusan dan peraturan yang dikeluarkan oleh raja-raja yang seringki dianggap aneh atau sewenang-wenang. 

raja-raja menggunakan kekuasaan mutlak mereka untuk menetapkan hukum tanpa konsultasi ataupun persetujuan dari siapapun termasuk peraturan keagamaan Penggunaan pajak tanpa persetujuan dan tindakan hukum sepihak yang dapat mengakibatkan hukuman berat Bagi siapapun yang melanggar atau bahkan tidak melanggar. 

masyarakat pada tataran ketidaksadarannya dipaksa untuk tidak mempertanyakan otoritas Raja, menciptakan lingkungan di mana ketaatan tanpa pertanyaan adalah norma yang lumrah dan mereka yang bertanya pantas untuk dihukum. 

ketidakdewasaan-ketidakdewasaan inilah yang dikritik oleh pemikir-pemikir pencerahan seperti kant, yang mendorong manusia untuk menggunakan akal mereka sendiri dan menolak dogma yang tidak masuk akal karena dapat menyesatkan manusia bagikan semua itu disebabkan oleh kemalasan dan rasa takut. 

padahal kebebasan Dan keberanian untuk menggunakan akal adalah fitur bawaan dari manusia itu sendiri. 

saperre aude, Katakan Tidak ada yang dibutuhkan untuk pencerahan ini selain kebebasan dan kebebasan yang dimaksud adalah yang paling tidak berbahaya dari semuanya yaitu itu kebebasan untuk menggunakan akal secara publik dalam segala hal. 

Kant. percaya bahwa pencerahan akan terjadi secara bertahap karena lebih mudah bagi masyarakat untuk tercerahkan ketika ada beberapa individu yang memulai untuk menggunakan akal mereka secara bebas sekaligus menyebarkan Semangat rasionalitas kepada orang lain. 

revolusi tidak hanya mampu menggulingkan pemerintahan yang despotik namun juga menghasilkan perubahan paradigmatik dalam cara berpikir, menggantikan prasangka lama dengan yang baru. 

salah satu yang paling berpengaruh dalam munculnya keinginan atau keberanian dalam berpikir adalah ketika dan setelah Rene Descartes mengeluarkan deklarasinyai Cogito Ergo Sum "saya berpikir maka saya ada". ini adalah hal fundamental dari pengetahuan eksistensial yang tidak dapat diragukan keberadaannya. 

begini Kalau saja kita bermimpi kita tidak tahu apakah mimpi itu nyata atau tidak sebelum kita bangun tidur tapi kehidupan setelah tidur pun kita tidak tahu apakah itu nyata atau tidak?. ketika kita bermimpi banyak hal yang dapat kita rasakan dan kita juga bisa berinteraksi dengan hal-hal tersebut, dan begitu juga ketika kita bangun pohon jalanan benda-benda aneh lainnya Apakah itu nyata?. 

penembakan Trump, speed pergi ke Filipina  ,kita bermain dengan teman-teman kita bahkan hitungan matematis yang terkesan pasti apakah semua itu nyata?. bisa saja Semuanya hanyalah tipuan yang diciptakan oleh Loki. 

namun ketika meragukan dan meragukan satu persatu, hal demi hal Rene descartes sadar bahwa saat ini dia sedang meragukan. dan proses meragukan itu sendiri merupakan bentuk pemikiran yang berarti pemikiran tersebut menunjukkan bahwa adanya eksistensi vala cogito ergo sum aku berpikir maka aku ada. 

Sebelum decartes mengeluarkan deklarasinya kesadaran semua orang tidak pernah dianggap setara bahkan pengkategorian terhadap ras manusia memiliki implikasi bahwa ada gap antara kesadaran dari Budak dengan tuannya agak-agak mirip seperti bagaimana kita memandang
kesadaran hewan. 

sebelum ABOLITION DES PRIVILEGES FEODAUC 4 Agustus 1789 di Prancis Corvée atau kerja paksa tanpa upah masihlah merupakan praktik yang lumrah yang digunakan oleh parasihnya (propriétaire) atau tuan tanah di mana ini dilakukan secara rutin di hampir seluruh wilayah di Prancis kecuali di Languedoc dan Provence. 

pada abad ke-18 dan biasanya ini digunakan karena efisiensinya dalam melaksanakan pekerjaan kerajaan menyedihkannya, Route Roale yang merupakan Jalan Arteri untuk mempercepat pergerakan pasukan dan pejabat kerajaan dan memperlancar pengiriman pos serta transportasi di seluruh Prancis. 

pada monarki Loui ke-15 yang menghubungkan banyak rute dari Paris hingga bordox dibangun di atas perah keringat para kelas pekerja dan budak yang hanya diberikan satu roti per hari dan itu pun jika mereka beruntung. 

sekitar 388.000 orang Afrika dipaksa dibawa ke Amerika Utara sebagai budak dan sekitar 40% dari mereka tiba melalui charleston South Carolina yang menjadi tempat utama kedatangan budak antara tahun 1783 dan 1808. 

budak-budak ini dijual kepada orang kulit putih dan tunduk pada aturan yang disebut sebagai slave codes, Aturan ini memperlakukan budak sebagai properti bukan manusia Meskipun mereka secara fisik sama seperti manusia lainnya budak bisa disewa, dibeli, dijual bahkan diwariskan. 

dan mereka tidak memiliki hak atau kebebasan pribadi menurut hukum dan masyarakat saat itu pandangan Budak sebagai barang dan bukan nyawa membuat mereka mengalami penyiksaan fisik dan mental yang luar biasa. mereka dicambuk dengan Cat o' Nine Tails karena melanggar aturan atau mencuri makanan. 

karena kelaparan pada masa awal pembentukan Amerika Serikat ada sekelompok orang yang mulai menentang perbudakan. Meskipun mereka masih menghadapi banyak tantangan termasuk diskriminasi dari pemerintah dan masyarakat yang terbiasa dengan sistem perbudakan. 

namun perubahan ideologi yang terjadi pada saat itu seperti gagasan tentang kebebasan dan hak asasi manusia mulai mempengaruhi pandangan masyarakat terhadap perbudakan di Amerika Utara khususnya di wilayah koloni utara dan tengah, perbudakan sudah tidak terlalu penting. 

secara ekonomi hal ini membuat komitmen masyarakat di wilayah-wilayah tersebut terhadap perbudakan mulai melemah perang perang sipil yang terjadi pada saat itu juga mempercepat kemunduran sistem perbudakan. 

John Jay menulis pada tahun 1780 doanya kepada Surga untuk kebebasan akan menjadi dosa. sebuah negara yang belum memiliki pijakan ideologi bahkan
masih berada di bawah kekuasaan penjajahan asing tidak seharusnya memperlakukan manusia dengan cara yang ia sendiri tak ingin diperlakukan. 

kemerdekaan harus dicapai secara menyeluruh dan mencakup semua aspek kehidupan secara global hanya ada sedikit jalan untuk mencapai Kemerdekaan semacam itu yang bagi kita mungkin terdengar sepele, namanya kebebasan kesadaran tentang kebebasan individu mulai berkembang di Amerika Serikat setahun sebelum kongres menandatangani Declaration of independence pada tahun 1776. 

salah satu penandanya adalah pembentukan The Society for the Relief of Free Negroes Unlawfully Held in Bondage pada 14 April 1775 di Philadelphia, oleh sekelompok  Quaker  dan pemimpin agama lainnya. ini merupakan komunitas abolusionis pertama di Amerika Serikat meskipun komunitas ini belum sepenuhnya mendukung kebebasan bagi semua budak mereka berupaya untuk menyelamatkan para mantan budak yang telah bebas tetapi masih ditahan secara tidak sah oleh pemilik mereka. 

pengakuan secara global baru tercatat dalam Declaration of independence yang diadopsi pada tanggal 4 Juli 1776 oleh kongres Continental kedua di Philadelphia Pennsylvania, kami memegang kebenaran-kebenaran ini sebagai hal yang jelas bahwa semua manusia diciptakan setara bahwa mereka dianugerahi oleh pencipta mereka hak-hak yang tidak dapat dicabut di antaranya adalah hak untuk hidup kebebasan dan mengejar kebahagiaan. 

ekuivalen dengan Perancis niat penyematan hak individu pada setiap orang didasari oleh adanya kesadaran tentang diri atau sense of selfhood karya Rene decartes terutama meditations dan discourse menyoroti bagaimana kesadaran
individu memainkan peran penting dari filsafatnya klaim ini mencerminkan adanya pergerakan luar biasa dalam segi berpikir filosofis dari pandangan skolastik yang lebih otoritatif menuju pendekatan yang lebih introspektif. 

dan rasional Rene decartes menesisihkan postulasi tentang idea sebagai dasar dari eksistensi setiap manusia tidak penting warna kulit kita di mana kita tinggal setiap manusia diberikan rasio atau akal budi oleh alam dan itu tidak dapat dibantah. decartes telah mempengaruhi banyak filsuf besar Era pencerahan John lock, Davide Hume, Immanuel Kant, Gottfriedwilhel Leibniz, Baruch spinoza, dan banyak lainnya. 

namun salah satu filsuf yang melekat pada ide kemerdekaan di Amerika dan Prancis adalah John Locke.  John Lock, terlibat secara pribadi di perusahaan yang terkait dengan perdagangan Budak. Dia memiliki saham di Royal African company dan Company of merchant adventurers dan dia juga bekerja sebagai sekretaris untuk Lords propriators of the carolinas yang memperbolehkan perbudakan secara umum. 

namun setelah dia belajar filsafat dan membaca mengenai Rene Decartes dia sadar bahwa perbudakan di Amerika dan bahama adalah tidak benar. dalam tataran fundamental yaitu hukum moral yang membuatnya meninggalkan pekerjaannya setahun setelah ia masuk dan mulai membumikan ide tentang two treaties of government. 

di mana di bagian keempat dia menjelaskan perbudakan di mana seorang manusia berada di bawah kekuasaan mutlak orang lain tanpa hak atas hidupnya sendiri adalah tidak sah dan tidak dapat dipertahankan dalam hukum alam atau maaupun hukum sosial dia menuliskan :

"kebebasan alami manusia adalah untuk bebas dari kekuasaan
Superior apapun di bumi dan tidak berada di bawah kehendak atau otoritas legislatif manusia melainkan hanya memiliki hukum alam sebagai aturannya".

"kebebasan ini dari kekuasaan mutlak dan sewenang-wenang sangatlah penting dan begitu erat hubungannya dengan pelestarian seseorang sehingga dia tidak dapat melepaskannya kecuali dengan merelakan pelestarian dan hidupnya sekaligus karena seseorang yang tidak memiliki kekuasaan atas hidupnya sendiri tidak dapat melalui perjanjian atau kesepakatannya sendiri memperbudak
dirinya kepada siapapun atau menempatkan dirinya di bawah kekuasaan mutlak dan sewenang-wenang orang lain untuk mengambil hidupnya kapanpun Ia suka". 

kita bisa melacak implikasi dari ini terhadap Pengakuan hak individu Dalam deklarasi Amerika dan Prancis pada periode 1776 dan 1789 yang menyatakan bahwa hak dasar atau hak asasi tidak dapat dicabut termasuk hak untuk hidup kebebasan dan kepemilikan kedua deklarasi kebebasan tersebut mengakui hak-hak dasar yang terberikan yang pertama kali disadur melalui prinsip kontrak sosial dari John Locke.

dengan asumsi metafisika bahwa setiap orang termasuk orang non kulit putih diberikan rasio untuk menentukan hidupnya sendiri kesadaran tentang diri yang berhasil diinstitusikan melalui amandemen dalam hukum akan sepenuhnya mengubah landskap dunia. 

sebagaimana yang kita rasakan hari ini tak dapat dipungkiri bahwa Kejahatan terhadap manusia dan perbudakan mungkin masih terjadi di Sebagian kecil wilayah di dunia namun setidaknya kita telah melihat bahwa deklarasi Descartes telah mengilhami John Locke yang memperjuangkan hak-hak individu dan menentang perbudakan, yang membuat setidaknya orang-orang pada saat itu sadar bahwa yang mereka lakukan adalah hal yang salah. 

dan John Locke dalam karyanya juga berargumen bahwa setiap individu selain memiliki hak alamiah terhadap kehidupan dan kebebasan mereka. mereka juga memiliki hak untuk kepemilikan atau harta benda yang secara alami. 

mereka memiliki hak untuk memiliki properti yang diperoleh melalui kerja keras dan usaha mereka sendiri dan ini merupakan perpanjangan dari hak kebebasan individu. 

dan dari sinilah kita dapat mengerti yang dikatakan oleh Adam Smith di mana dia menjelaskan bahwa makhluk rasional adalah makhluk yang mengejar kepentingan pribadi dia melihat ini sebagai kekuatan yang produktif dan juga konstruktif. 

dia menjelaskan bahwa ketika semua orang dibebaskan untuk mengejar keuntungan pribadi mereka dalam pasar yang kompetitif secara tidak langsung mereka juga akan mempromosikan kemakmuran umum. 

Smith menghabiskan banyak waktu melakukan perjalanan termasuk ke Prancis dan melalui observasinya Smith melihat bahwa ekonomi yang sehat bergantung pada kebebasan individu untuk memproduksi menukar dan mengkonsumsi barang-barang di pasar yang bebas. 

inilah yang mengembangkan konsep LAISSEZ-FAIRE atau Kebebasan ekonomi miliknya di mana kebebasan individu untuk membuat keputusan ekonomi mereka sendiri akan mengarah pada keseimbangan alami di pasar. 

di mana permintaan dan penawaran akan mengatur harga secara otomatis dalam situasi di mana permintaan untuk suatu barang meningkat sementara persediaannya terbatas harga barang tersebut akan naik. sebaliknya jika persediaan barang melimpah dan permintaan turun harga barang tersebut akan turun. 

ini adalah penggambaran sederhana dari Invisible hand atau tangan tak terlihat yang dia jelaskan dalam the wealth Of Nations karyanya dia menjelaskan bahwa produktivitas dalam suatu perekonomian dapat ditingkatkan secara dramatis melalui spesialisasi tugas dia menggunakan contoh sederhana dari Pabrik Pin. 

untuk menjelaskan Bagaimana membagi tugas-tugas produksi menjadi bagian-bagian kecil memungkinkan pekerja untuk menjadi lebih efisien menghasilkan lebih banyak barang dalam waktu yang lebih singkat dari sini munculah kapitalisme. 

di mana individu bebas mengejar keuntungan yang berarti kompetisi secara murni akan terjadi dan akan mendorong inovasi efisiensi dan pertumbuhan ekonomi dan tangan tak terlihat akan mengatur semuanya di atas lautan bebas yang sudah terbuka ini lautan yang bebas dari tangan dewa dan juga pemimpin utusan Dewa. 

THE COLD DARK MOON

kapitalisme adalah sistem ekonomi di mana alat-alat produksi dan distribusi dimiliki oleh pribadi atau swasta dengan tujuan utama untuk menghasilkan keuntungan. 

yang berarti mendorong akumulasi modal dan juga persaingan yang seringki menyebabkan percepatan pertumbuhan ekonomi produksi dan konsumsi dihubungkan oleh pasar yang menjadi perantara semua kegiatan ekonomi assembly Line atau lini produksi adalah inovasi penting yang mempercepat perkembangan kapitalisme awal selama revolusi industri dengan memperkenalkan produksi massal. 

sebelum lini produksi barang diproduksi secara individual oleh satu orang atau kelompok kecil yang menyelesaikan produk dari awal hingga akhir. 

perubahan ini dimulai dengan penemuan teknologi manufaktur seperti mesin uap oleh James Wat yang digunakan di pabrik tekstil pertama milik Richard akrwright di Inggris pada tahun 1771. serta alat tenun mekanis yang diciptakan oleh Edmund cartwright pada awal 1800-an. pabrik-pabrik ini mengadopsi model produksi yang lebih terorganisir di mana berbagai tahap dilakukan secara terpisah memungkinkan peningkatan efisiensi dan skala produksi yang besar. 

pada awal abad ke-19 selama revolusi industry, konsep spesialisasi dan pembagian kerja mulai diterapkan secara luas untuk meningkatkan efisiensi produksi di Ingris pabrik pabrik mengadopsi system ini yang memuncak pada awal abad ke-20, ketika Henry Ford memperkenalkan moving assembly Line di pabrik mobil ford. 

inovasi ini memungkinkan pekerja mengkhususkan diri pada satu tugas spesifik sehingga mempercepat produksi menurunkan biaya dan meningkatkan aksesibilitas mobil ke pasar yang lebih luas. Ford membuktikan efektivitas moving assembly pada tahun 1903 dengan mendirikan Ford motor company. 

5 tahun kemudian Ford melancurkan modal t seharga 825 yang menjadi populer di kalangan kelas menengah Amerika. berkat jalur perakitan bergerak yang efisien Ford mampu menurunkan harga mobil menjadi 360$. 

pada tahun 1916 jauh lebih murah dibandingkan dengan pesaing seperti Cadillac dan packard yang harganya mencapai 1500$ sampai 2.000$. produksi Ford juga mencapai 172.000 sampai 202.000 unit per tahun. Sedangkan para pesaingnya hanya mampu memproduksi sebanyak 550 unit. Ford juga menerapkan welfare capitalism dengan tujuan memberantas kemiskinan melalui kapitalisme bukan intervensi pemerintah. 

welfare capitalism atau "kapitalisme kesejahteraan mengacu pada dua perspektif teoretis tentang perubahan sosial di negara-negara yang sedang mengindustrialisasi di satu sisi gagasan kapitalisme kesejahteraan sangat terikat pada interpretasi kritis mengenai dampak kontroversial kapitalis dan komodifikasi
terhadap perlindungan sosial dan kesejahteraan warga negara". 

dalam praktiknya ini diwujudkan melalui pemberian upah 5 dolar per hari yang mengurangi tingkat perputaran Tenaga Kerja dan upah tersebut melebihi upah rata-rata pekerja Amerika kala itu. 

uniknya tujuan Ford adalah memberikan upah yang cukup bagi karyawannya untuk mampu membeli mobil yang mereka produksi tahun 1926 Ford juga memperkenalkan dan menerapkan sistem kerja 5 hari dalam seminggu semua peristiwa ini kita kenal sekarang sebagai isme-isme baru. 

yakni fordisme sebuah rezim ekonomi yang diturunkan dari zaman pencerahan dengan dalih kebebasan berekonomi pada pertengahan abad ke-20 populasi Urban sekitar 125 juta dan pada tahun 2008 meningkat menjadi lebih dari 200 juta. 

di Amerika terjadi peningkatan sekitar 60% selama periode tersebut fordisme memainkan peran penting dalam perkembangan kapitalisme dengan mengubah mekanisme produksi menjadi lebih efisien Melalui penggunaan moving assembly line. 

inovasi tersebut tidak hanya memungkinkan terjadinya peningkatan produksi masalah yang drastis dengan diiringi penurunan biaya produksi tetapi juga mempengaruhi struktur sosial dengan memberikan upah yang lebih tinggi kepada pekerja sehingga mereka mampu membeli produk yang mereka hasilkan. 

fordisme tidak hanya merevolusi industri otomotif tetapi juga berkontribusi pada perubahan sosial dan ekonomi yang signifikan di awal abad ke-20, selama periode 1960 hingga 2008 pendapatan per kapita di Amerika Serikat mengalami pertumbuhan yang luar biasa pada tahun 1960 pendapatan per kapita di Amerika Serikat dalam dolar konstan atau disesuaikan dengan inflasi adalah sekitar 14.934 dan meningkat menjadi sekitar 45.816. 

pada tahun 2008 peningkatan terjadi hampir sebesar 207% dalam pendapatan per kapita selama periode tersebut yang merupakan dampak langsung dari praktik fordisme. 

cerita tentang kekayaan menyebar ke seluruh dunia dengan slogan "The American Dream" James Truslow Adams yang menciptakan istilah itu dalam bukunya di Epic of America ia menulis itu adalah mimpi tentang sebuah tanah di mana kehidupan Seharusnya lebih baik lebih kaya dan
lebih penuh bagi semua orang dengan kesempatan bagi masing-masing orang sesuai dengan kemampuan atau pencapaian mereka. 

amerika serikat menjadi simbol pembebasan dari kolonialisme Bangkit dari keterpurukan ekonomi dan sosial hingga menjadi raksasa di dunia ini sekaligus memberikan harapan kepada semua orang untuk mencapai kehidupan yang lebih baik lebih kaya dan lebih Bahagia. 

sebagaimana masyarakat Amerika Serikat mencapainya dunia benar-benar berubah semua orang bebas mencari pekerjaan sesuai bakat dan kesenangannya.

tahun 1943 program eksekutif Master of business administration dibuka di Harvard atas usul dari bankir GF (George Fisher) Baker studi ilmu komputer dan teknologi dibuka di banyak sekali universitas. 

orang-orang mulai terspesialisasi pekerjaan menjadi lebih impersonal dan berorientasi pada keuntungan dan hanya dilihat sebagai transaksi ekonomi semata. di mana hubungan antara pekerja dan majikan lebih bersifat kontraktual daripada personal. 

kapitalisme terutama dalam bentuknya yang berkembang di Amerika Serikat setelah perang dunia kedua membawa transformasi besar-besaran dalam segi cara orang bekerja dan hidup di masyarakat fordisme yang menekankan produksi massal memberikan target kualitas hidup yang lebih tinggi secara finansial. 

memang cara ini berhasil meningkatkan pendapatan per kapita dan mendorong pencapaian American Dream namun sistem ini juga menciptakan perubahan mendasar dalam hubungan antara individu dengan pekerjaan mereka. 

indahnya bulan meskipun memberikan kebebasan untuk berlayar bukan berarti tidak ada ketidaksetaraan yang terjadi karena bebasnya semua ini memungkinkan beberapa orang untuk berlayar lebih jauh dari yang lain dan beberapa orang lebih memilih untuk ikut serta dalam pelayaran tersebut daripada membangun kapalnya sendiri  karena lebih aman dan lebih stabil. 

Karl Marx, dari Jerman menjelaskan bahwa pertentangan terhadap sistem feodal yang melibatkan rakyat biasa yaitu petani dan pedagang justru menciptakan pertentangan baru para pedagang atau borjouis yang bebas mulai mendapatkan kekayaan dan kekuasaan dan ini melahirkan ketimpangan baru. 

di man kelas pekerja bergantung terhadap majikan untuk upah dan pekerjaan yang menciptakan hubungan kekuasaan baru yang didasarkan memang bukan pada perkataan para dewa atau garis turunan. tapi pada kemampuan finansial dan dia juga menjelaskan perkembangan spesialisasi yang terjadi karena kapitalisme akan mengembangkan alienasi. Di mana para pekerja menjadi terpisah dari hasil kerjanya dari proses produksi sesama pekerja dan potensi manusiawinya sendiri. 

mereka hanya menjadi semacam road kecil dalam mesin besar industri semuanya menjadi transaksional dan fokus pada keuntungan ekonomi dan bukan nilai-nilai sosial ataupun Humanis. 

kita sering merasakan ini ketika hidup terasa Hanya seperti derum mesin yang tak henti-hentinya bekerja kita merasa Terperangkap Dalam rutinitas yang itu-itu saja, alenasi ini Entah disadari atau tidak? menyusup ke dalam keseharian setiap orang diam-diam mencuri makna yang dulu kita temukan dalam hal-hal sederhana perlahan pekerjaan yang seharusnya menjadi bagian dari kehidupan yang menyenangkan berubah menjadi beban yang membosankan mengeluarkan kita dari keseharian

kapitalisme yang menjanjikan kemakmuran dan kebebasan ternyata membawa perangkapnya sendiri seolah membiarkan manusia berlomba dalam kompetisi yang Intens dan dibayar dengan ketidakpastian yang menghantui hari-hari kita ketika produktivitas dijadikan satu-satunya ukuran nilai diri apa yang tersisa kerap kali hanya kecemasan yang tak kunjung reda. 

kapitalisme meskipun membawa kemakmuran material juga menciptakan alienasi yang mendalam di mana individu merasa terpisah dari hasil kerjanya dan dari komunitas mereka alenasi ini menjadi pemicu utama depresi dan kecemasan yang terus meningkat setiap tahun. 

setelah kebebasan digaungkan setelah raja-raja terakhir dieksekusi dan setelah tanah diserahkan pada khalayak rasa cemas dan depresi malah meningkat Setelah semua revolusi yang mencekam setelah era para pendeta kemudian era para raja. 

Saat Dunia diberikan kebebasan dan teknologi saat kita semua bebas dari perbudakan seharusnya harapan tentang kebahagiaan dan kebebasan dapat dijamin tetapi Mengapa kita tidak merasakannya? 

dalam modernitas yang maju produksi kekayaan secara sosial secara sistematis disertai dengan produksi risiko sosial, ulrich beck menjelaskan bahwa dalam masyarakat modern konflik utama telah berubah Dulu masalah utamanya adalah bagaimana kekayaan dibagi dalam Society of scarcity atau masyarakat kelangkaan. di mana Banyak orang masih berjuang untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka orang-orang kekurangan makanan air atau kebutuhan dasar lainnya namun sekarang konflik ini tumpang tindih dengan mas masalah baru distribusi risiko yang muncul dari kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. 

ada dua hal utama yang menyebabkan perubahan Ini pertama kebutuhan dasar semakin mudah terpenuhi berkat peningkatan teknologi dan wfare state di mana negara secara aktif mencoba untuk menjamin kesejahteraan sosial dan ekonomi warganya sehingga lebih banyak orang hidup dengan kondisi yang lebih baik. 

kedua modernisasi juga membawa ancaman baru yang belum pernah ada sebelumnya seperti polusi dan radiasi yang memiliki dampak berbahaya dalam jangka panjang dan seringkali tidak terlihat. seiring dengan perkembangan teknologi potensi bahaya juga semakin besar masyarakat sekarang harus menemukan cara untuk mengelola dan mengurangi risiko ini menciptakan masyarakat baru risk Society atau masyarakat risiko di mana dulu mungkin orang-orang berteriak Aku lapar. 

Sekarang orang-orang berteriak aku takut dan ketakutan ini Entah mengapa menciptakan solidaritas sosial di mana gerakan politik baru bermunculan analisis reback dapat dilihat melalui berbagai kasus nyata yang terjadi di abad ke-21. 

laporan WHO pada 2 Mei 2018 mengungkapkan bahwa dari 10 orang di dunia menghirup udara yang tercemar menyebabkan sekitar 7 juta kematian setiap tahun Akibat polusi Udara, dampak terburuknya dialami oleh negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah terutama di Asia dan juga Afika polusi udara kini menjadi ancaman terbesar bagi kesehatan Global di mana partikel halus seperti PM 2.5 dan CO2. 

dikaitkan dengan peningkatan penyakit paru-paru jantung stroke dan juga kanker ironisnya bernafas yang seharusnya menjadi aktivitas paling alami dan tak terhindarkan bagi manusia. di risk Society justru berubah menjadi sumber ancaman Global risiko polusi udara tidak mengenal batas sosial menyerang semua orang tanpa memandang status lebih parah lagi partikel-partikel mematikan yang tadi hanyalah sebagian kecil dari berbagai bentuk polusi lain yang terus mengancam kesehatan manusia di seluruh dunia. 

pada 25 dan 26 April 1986 kecelakaan nuklir Terburuk dalam sejarah terjadi di dekat Kota Chernobyl saat itu bagian dari Uni Soviet, kini wilayah Ukraina Utara Uni Soviet yang telah berinvestasi besar dalam tenaga nuklir sejak perang dunia keedua membangun empat reaktor nuklir RBMK di cernobil dekat perbatasan Ukraina dan Belarusia. dengan konstruksi dimulai pada tahun 1977 ketika salah satu reaktornya meledak dan terbakar insiden yang diselumuti kerahasiaan ini menjadi Peristiwa penting dalam sejarah perang dingin. 

lebih dari 30 tahun kemudian para ilmuwan memperkirakan bahwa zona eksklusi Chernobyl yang memiliki tingkat radiasi rata-rata lebih dari 20 mzivz per tahun akan tetap tidak layak huni selama 20.000 tahun. area ini mencakup radius sekitar 30 km dari reaktor nomor empat menjadikannya salah satu kawasan paling tercemar di dunia baik menjelaskan tanam nuklir misalnya tidak diasuransikan secara privat atau bisa diasuransikan kecelakaan atom bukan lagi sekedar kecelakaan dalam arti kata yang terbatas dampaknya melampaui generasi mereka yang terkena dampaknya. 

termasuk mereka yang bahkan belum lahir Saat Kecelakaan terjadi atau berada jauh dari lokasi kecelakaan tapi lahir bertahun-tahun kemudian dan di tempat yang jauh kecelakaan ini membawa beban ekonomi dan politik yang besar mempercepat keruntuhan Uni Soviet dan memicu gerakan antinuclear global. 

bencana Chernobyl diperkirakan menyebabkan kerugian sekitar 235 miliar dolar belarus yang sekarang memiliki 23% wilayahnya terkontaminasi kehilangan sekitar seperlima dari lahan pertaniannya pada 1991 belarus mengalokasikan 22% dari anggaran nasionalnya untuk menangani dampak bencana ini bayangkan jika ledakan seperti Chernobyl terjadi di perbagai negara dunia akan menghadapi krisis Global yang tak terbayangkan bencana buatan yang dapat menghapus eksistensi manusia. 

selain bencana buatan, umat manusia juga dihadapkan pada ancaman bencana sosial yang diciptakan oleh negara, Tiongkok modern telah menjadi pionir dalam pengembangan teknologi pengawasan yang cepat menciptakan jaringan kontrol yang jauh melampaui sekedar pengawasan biasa. 

SHARP EYES sebuah proyek yang diluncurkan pada tahun 2013 menjadi simbol dari pengawasan yang tak pernah tidur proyek. ini yang legal dan merupakan bagian dari program pengawasan nasional, berdalih sebagai upaya meningkatkan keamanan publik melalui teknologi canggih seperti kamera CCTV pengenalan wajah dan kecerdasan buatan SHARP EYES mewujudkan visi kontrol sosial yang ekstrem. 

di mana kamera dipasang di setiap sudut ruang publik mencatat setiap langkah dan gerakan individu data yang dikumpulkan tidak hanya diamati tetapi juga dianalisis oleh kecerdasan buatan untuk mengidentifikasi pola perilaku seolah-olah ingin menyampaikan bahwa di sini segala sesuatu diukur dan setiap tindakan dicatat dalam dunia yang didominasi oleh teknokrasi. 

penguasa memastikan bahwa ketertiban sosial dijaga dengan pengawasan yang ketat menghindari kebebasan tidak kebablasan. masyarakat modern kini dipenuhi oleh ketakutan terhadap risiko yang ditimbulkan oleh teknologi yang seringkiali tidak terlihat dan hanya dapat dipahami melalui penelitian ilmiah sebuah akses yang terbatas bagi Kebanyakan orang risiko-risiko seperti radiasi, polusi dan pelanggaran privasi bersifat global dengan dampak jangka panjang yang melintasi batas geografis dan generasi. 

ketakutan ini muncul dari perasaan rentan terhadap ancaman yang tidak bisa dilihat atau dikendalikan. sementara masyarakat harus bergantung pada institusi yang seringki tidak transparan dalam mengelola risiko tersebut baik menjelaskan "risiko-risiko ini menyebabkan kerusakan yang sistematis. dan seringkali tidak dapat diubah umumnya tetap tidak terlihat didasarkan pada interpretasi kausal dan
oleh karena itu pada awalnya hanya ada dalam bentuk pengetahuan ilmiah atau anti-ilmiah tentangnya". 

dalam dunia yang dikuasai oleh ketakutan dan ancaman kehancuran total kebenaran tidak lagi menjadi milik mereka yang mencarinya melainkan hanya milik mereka yang berkuasa, George orwell menggambarkan skenario ini dalam novelnya 1984 di mana the party melalui ideologi ingsoc atau Inggris sosialisme menciptakan slogan-slogan yang dirancang untuk menanamkan disonansi kognitif dalam pemikiran masyarakat. 

tujuannya adalah membuat orang menerima dan mempercayai kebenaran yang telah dikonstruksi oleh kekuasaan tanpa mempertanyakan war is peace Freedom Is slavery Ignorance is strength. " perang adalah kedamaian kebebasan adalah perbudakan kebodohan atau ketidakingintahuan adalah kekuatan". 

slogan-slogan ini dengan cerdik menciptakan kontradiksi dalam pikiran kolektif memaksa masyarakat untuk memeluk narasi yang bertentangan dengan kenyataan namunetap tap dianggap sebagai kebenaran Absolut di bawah kendali the party realitas yang polos telah dibentuk oleh kekejaman tangan besi di mana setiap sisa kebebasan dilahap oleh negara dan kapital simbol-simbol kebenaran baru yang tak pernah terbayangkan. 

kini terpampang di mana-mana di poster-poster jalanan di tembok-tembok toko hingga merasuk di media sosial memastikan bahwa setiap pikiran yang benar tetap terkekang dalam jalur yang telah ditentukan Vicente guerero dalam perjuangannya untuk kemerdekaan Meksiko. 

dihadapkan pada tawaran menggiurkan pengampunan dan pangkat general di tentara Spanyol musuh yang ia lawan namun di hadapan ayahnya sendiri guerero tegas berkata tanah air adalah yang utama slogan ini dilestarikan oleh penguasa dari masa ke masa muncul bak cahaya dalam gelapnya konflik vertical. 

Siapa yang tidak sadar akan makna slogan-slogan Ini kebanyakan dari kita memahami bahwa seruan seperti negara harga mati hanyalah fat Morgana sebuah ilusi yang diciptakan oleh rezim modernisme untuk mempertahankan cengkeraman mereka atas kekuasaan dan kesetiaan rakyat. 

pada tanggal 1 Juni 2017 dalam sebuah upacara di Ross Garden presiden Amerika Serikat Donald Trump secara resmi mengumumkan niatnya untuk menarik Amerika Serikat dari Paris climate agreement Trump beralasan bahwa mematuhi tujuan kesepakatan yang dirancang untuk mengurangi emisi gas rumah kaca akan merugikan pertumbuhan lapangan kerja dan menghambat sektor manufaktur di Amerika Serikat. 

Ia juga menekankan adanya ketidakadilan karena near-negara seperti Cina dan India diberikan lebih banyak kelonggaran dalam mencapai target iklim mereka menurut Trump, kepentingan ekonomi dan bisnis Amerika harus diutamakan meski berarti mengorbankan peran Amerika dalam upaya Global melawan perubahan iklim AMERICA FIRST menjadi narasi utamanya. 

sebagai konsekuensi pada tahun 2019 gelombang protes aksi iklim berkumpul di depan gedung kapitol Amerika Serikat menyuruhkan tindakan segera untuk mengurangi emisi gas rumah kaca salah satu aksi paling menonjol adalah penangkapan Jen vonda seorang aktris sekaligus aktivis berusia 81 tahun saat memprotes perubahan iklim di tangga gedung kapitol di Washington DC vonda bersama 15 orang lainnya ditangkap dengan tuduhan demonstrasi ilegal di bagian timur Capitol. 

menurut pernyataan Eva Maliki direktur komunikasi kepolisian kapitol Amerika Serikat mereka didakwa dengan tuduhan berkerumun menghalangi atau mengakomodasi gelombang ketidakpercayaan terhadap semboyen nasional seperti America First semakin terasa di masyarakat slogan-slogan yang dulu dianggap sebagai manifestasi Patriotisme kini meninggalkan keraguan di balik retorika Patriotisme banyak yang mulai merasakan adanya jurang yang semakin lebar antara semboyan yang dikumandangkan oleh negara dan kenyataan yang dihadapi oleh rakyat. 

ketika kepentingan nasional diprioritaskan pertanyaan muncul apakah yang benar-benar dilindungi adalah kepentingan rakyat atau hanya sekelompok kecil yang berkuasa? rangkaian protes dan ketidakpercayaan hanyalah manifestasi dari kekecewaan mendalam terhadap narasi modernisme negara yang semakin memudar. 

COSMIC EMPTINESS (AND GREATNESS)

Voltaire pada tahun 1759 di Prancis menerbitkan karyanya candide memberikan gambaran Eldorado yang sampai di negara utopis yang digambarkan sebagai tempat yang sempurna dan penuh dengan kekayaan kedamaian dan kebahagiaan. 

tidak ada penderitaan kemiskinan dan juga perang ini semacam mimpi dari orang-orang di zaman pencerahan yang memandang bahwa dunia nantinya ketika dipimpin oleh kebebasan akan mencapai surga. 

namun masyarakat sekarang mulai menyadari bahwa kemajuan-kemajuan ini hanyalah mimpi bintang yang dijadikan tempat untuk berharap itu telah mati sejuta tahun yang lalu tanah telah diolah sebanyak untuk memberikan kesenangan seperti untuk memenuhi kebutuhan. 

di Eldorado masyarakat telah mencapai kemakmuran utilitas sekaligus mencapai hasrat estetika yang sempurna mereka hidup dengan baik menikmati hasil dari tanah yang mereka Tanami bukan hanya untuk bertahan hidup tetapi juga untuk merasakan kesenangan dari setiap pekerjaan tersebut. 

volta (Voltaire) menggambarkan negara ideal di mana kebutuhan manusia dan keinginan untuk keindahan hidup dapat dipenuhi secara harmonis sama seperti bangsa Houyhnhnm, kebebasan dan rasionalitas menjadi asas dari kemajuan manusia seperti kita candide dan kakambo memilih untuk meninggalkan Eldorado demi
mengejar hasrat kemanusiaan mereka dengan cara kembali ke dunia luar yang hancur dan penuh dusta. 

seperti manusia yang selalu mencari sesuatu yang lain bahkan ketika kesempurnaan sudah ada di ujung hati. mimpi-mimpi tentang Eldorado yang digambarkan oleh voltaire kini Terasa seperti bayang-bayang di kejauhan. apa yang dulu tampak sebagai cita-cita yang luhur dari kemanusiaan kini terlihat seperti khayalan di antah berantah sulit digapai dunia Utopia. 

rezim modern dengan segala pencapaiannya ternyata t tak bebas dari ketakutan-ketakutan akan risiko yang tak Kasat mata yang mengintai kesadaran kolektif umat manusia dari balik layar teknologi dan negara demokrasi orwell menulis seberapa sering atau dengan sistem apa polisi pikiran terhubung di setiap kabel individu adalah spekulasi bahkan mungkin saja mereka mengawasi semua orang sepanjang Waktu. 

secara evolusioner kita ditakdirkan untuk bergantung pada institusi atau negara untuk melindungi kita dari bahaya, Namun seringkiali kita merasa mereka terlalu culas tertutup dan lamban dalam menangani ancaman yang semakin mendesak. 

di tengah ketidakpastian ini kita mulai menyadari bahwa tidak ada lagi jawaban sederhana dari masyarakat tak ada lagi yang bisa kita katakan dengan pasti tentang dunia rasionalitas dan kebebasan yang dulu menjadi inti dari peradaban. 

kini Terasa seperti bagian dari imajinasi yang lebih besar sebuah visi Utopia hari ini dunia yang bernuansa kebebasan justru penuh dengan kebenaran yang beragam menandakan bahwa mungkin di dalam ketidakpastian inilah kita dapat menemukan cara baru untuk menjalani hidup cara yang lebih
sederhana inklusif dan terbuka terhadap berbagai kemungkinan tak terduga. 

di sinilah kita berada sekarang anak-anak Masa depan. bukan di Eldorado melainkan di dunia yang penuh dengan banyak kebenaran atau mungkin tanpa kebenaran sama sekali daerah postmodernisme dengan segala kekurangan dan keindahannya tertanam dalam pikiran kita kemungkinan bahwa kesempurnaan yang pernah kita impikan. 

mungkin tidak akan pernah ditemukan di manapun atau kapanpun. bagi Jean Francois lyotard filsuf postmodernisme Prancis dalam The Postlllodern Condition: A Report on Kno-wledge, di era pasca modernisme umat manusia tidak lagi berada di bawah naungan narasi-narasi besar yang mengklaim kebenaran universal. 

dunia sebagaimana yang kita alami telah terpecah-pecah dan terfragmentasi kebenaran dan kebebasan yang dulu dimulai oleh peradaban barat kini telah memudar setiap individu, setiap kelompok membentuk narasinya sendiri menciptakan realitas yang terpisah. 

universitas yang dulu dianggap sebagai benteng pengetahuan dan kebenaran kini terguncang oleh krisis legitimasi. Sementara negara yang pernah dianggap kuat kini dipandang sebagai pengkhianat, tidak ada lagi konsensus yang menyatakan semua hal secara universal atau alami perbedaan, dan pertentangan menjadi ciri sakral dari zaman ini. 

dia menulis "saya mendefinisikan postmodernisme sebagai ketidakpercayaan terhadap narasi besar", Salah satu perubahan besar dalam postmodernisme tidak hanya terlihat pada seni dan budaya, tetapi juga dalam cara berpikir yang lebih beragam di bawah pengaruh kapitalisme modern Fredric Jameson filsuf budaya Amerika, menunjukkan bahwa dalam budaya postmodernisme makna mendalam digantikan oleh penampilan luar atau gaya akibatnya batas antara apa yang nyata dan apa yang hanya representasi menjadi tidak jelas. 

contohnya masyarakat sekarang sering dianggap sebagai komoditas di mana Inovasi dan estetika lebih ditentukan oleh permintaan pasar, daripada oleh nilai-nilai yang lebih mendalam Hal ini menyebabkan berkurangnya keterlibatan emosional dengan dunia, yang kemudian digantikan oleh pengalaman yang lebih dangkal dan jauh dari realitas sebenarnya. negara yang dulunya dianggap sebagai pengatur kebebasan dan kebenaran semakin kehilangan kemampuannya untuk menentukan narasi yang diterima secara universal. 

di era postmodern narasi besar yang pernah dibawa oleh modernisme seperti kebebasan dan kebenaran sebagai cita-cita masa depan telah digantikan oleh banyak narasi kecil yang saling bersaing dan memiliki nilai yang setara postmodernisme menandakan hadirnya kebenaran yang relatif tidak dipegang oleh siapapun atau apapun. 

secara mutlak apa yang dianggap benar oleh satu negara kini hanyalah satu dari banyak representasi tanpa klaim atas kebenaran yang tunggal atau dominan, Nietzsche mengatakan "Tuhan sudah mati Tuhan tetap mati dan kita yang telah membunuhnya", tanpa gagasan tentang Tuhan tanpa keyakinan yang dahulu menjadi pilar moralitas. 

manusia Kini harus berhadapan dengan kenyataan yang menyakitkan dan tak terhindarkan dunia yang sebelumnya dipandu oleh keilahian kini Terasa seperti gurun tanpa air di mana kita harus menciptakan realitas kita sendiri ironisnya meskipun masyarakat mulai meninggalkan kepercayaan pada gagasan universalia. 

mereka belum sepenuhnya siap untuk menghadapi konsekuensi dari kematian Tuhan, maksudnya kematian nilai-nilai objektif bagi Nietzsche manusia tidak mampu benar-benar menghadapi dunia yang tidak lagi memiliki fondasi metafisik, penghancuran nilai-nilai objektif yang telah di bangun dan dijunjung tinggi oleh peradaban selama berabad-abad. 

seakan telah dibunuh meninggalkan kekosongan yang sulit diisi dia menulis "dunia nyata kita telah menyingkirkannya dunia apa yang tersisa mungkin dunia yang tampak". tapi tidak dengan dunia nyata kita juga telah menyingkirkan dunia yang tampak. ada sebuah keyakinan yang telah mengakar sejak masa Plato bahwa di balik segala sesuatu yang tampak ada realitas yang sejati sebuah dunia yang benar-benar nyata. 

dunia Ini kata Plato adalah dunia yang konstan abadi Sementara dunia kenampakan yang kita lihat sehari-hari hanyalah bayangan samar dari Kebenaran akan dunia itu sendiri. namun ini datang dengan pandangan yang berbeda baginya jika kita menghancurkan konsep dunia yang ini. 

kita sekaligus juga menghancurkan batas yang memisahkan antara yang nyata dan yang tampak dunia nyata itu, dalam pandangan ni bukanlah sesuatu yang ada di luar sana, yang tersembunyi di balik segala yang kita lihat dan rasakan namun dunia di mana kita bersandiwara di atasnya. 

dan jika dunia nyata itu tidak ada lalu Apa maknanya dunia yang tampak? manusia sebagai entitas yang mendukung konsep dunia terpaksa dimusnahkan secara konseptual setelah dunia objektif atau Tuhan dibunuh yang tersisa hanyalah kekosongan makna sebuah kehampaan yang mengarah pada nihilism.

dan para pemikir hebat postmodernisme pun mengatakan bahwa dengan ini berarti semuanya tidak memiliki dasar yang berarti apapun bisa menjadi benar mereka berpendapat bahwa ketika tidak ada lagi dasar objektif atau kebenaran universal maka relativisme menjadi dominan. 

ketika tidak ada standar tunggal dalam menilai mana yang benar dan mana yang salah segala sesuatu bisa dianggap benar, namun yang tidak dimengerti para filsuf hebat postmodernisme adalah Nietzsche tidak pernah mengatakan nihilisme sebagai akhir dia tidak pernah mengatakan untuk berhenti di dalam kekosongan makna dan nihilisme. dia justru mengatakan bahwa kekosongan makna akan memberikan kita kebebasan untuk menjadi hebat menaklukkan diri sendiri. 

zaman yang kita tinggali mungkin gila dan mungkin tidak bisa kita hindari mungkin kita telah menurunkan monarki dari tahtanya dan menggantinya dengan rasionalitas dan kebebasan. 

namun rasionalitas sendiri pun memiliki batas keinginan untuk kebebasan membuat kita memiliki hak atas diri sendiri dan kepemilikan yang kita hasilkan yang membuat kapitalisme dan segala konsekuensinya terhadap alam dan diri sendiri semuanya menjadi lebih baik dan lebih buruk secara bersamaan, menjadikannya sebagai alat pemersatu bangsa dan penghancur bangsa lain alat untuk menyelamatkan bumi sekaligus menghancurkan nya. 

rasionalitas dingin tidak akan pernah membawa manusia ke manaun dari bangsa Houyhnhnm dari Jonathan Swift dan dari negara candid utopis dari Voltaire kita sadar bahwa yang dibutuhkan manusia bukanlah rasionalitas dan kesempurnaan. 

manusia lebih kompleks dari semua itu sifat dasar manusia adalah selalu mencari makna tantangan dan pengalaman baru. kita dapat melihat bagaimana kesempurnaan sekarang hanya membuat kita mengisi lemari dengan baju yang tidak pernah kita pakai atau menghiasi rumah dengan interior dari IKEA yang tidak pernah kita gunakan. 

kesempurnaan ini malah membuat kita terkurung di atas sofa scrolling tiktok setiap hari tanpa tujuan yang jelas dalam kehidupan banyak orang yang terjebak dalam alienasi risiko dan ketidak bermaknaan ini memilih untuk memanjat gedung atau pergi ke atas jembatan dan rasionalitas tidak akan bisa menyelamatkannya. 

filsafat atau rasionalitas mungkin akan membawa kita ke atas bukit yang tinggi tapi hanya sampai situ dan manusia tidak berinteraksi seperti itu dengan dunia John Keats dalam puisinya lamia menuliskan. "...do not all charms fly at the mere touch of philosophy? there was an awful Rainbow Once In Heaven: we know her woof, her texture : is given in the dull catalog of common things. philosophy will clip an angel's wings, Conquer All mysteries by rule and Line, empty The Haunted air, and gnomed mine unweave Rainbow, as it erewhile met The tender person'd Lamia melt into a shade". mengungkapkan bahwa semua keajaiban dan pesona hilang ketika di pelajari atau dijelaskan secara rasional oleh filsafat atau ilmu pengetahuan. 

Pelangi pernah dilihat sebagai sesuatu yang menakjubkan dan penuh misteri sebuah keajaiban di langit yang dianggap indah dan mempesona, namun sekarang setelah sains menjelaskan apa itu Pelangi dengan pembiasan cahaya pelangi tak lagi menjadi fenomena luar biasa, ya kini hanyalah bagian dari daftar biasa hal-hal yang bisa dijelaskan filsafat atau ilmu pengetahuan memotong sayap malaikat. 

sebuah metafora yang berarti rasionalitas menghapuskan hal-hal spiritual mistis atau ajaib dari dunia semua misteri alam ditaklukkan oleh aturan-aturan ilmiah dan pengukuran menghilangkan aspek misterius atau magis dari dunia yang sebelumnya tidak diketahui dengan rasionalitas. 

udara yang berhantu atau penuh misteri menjadi kosong dan tambang yang dipenuhi oleh Nomb makhluk mitologis menjadi tidak lebih dari sekedar tempat biasa ilmu pengetahuan membongkar Pelangi menghilangkan pesonanya dengan menjelaskan Bagaimana cahaya terurai melalui pembiasan. lamia seorang makhluk mitologis yang bisa merubah dirinya menjadi jadi seorang wanita cantik tetapi yang berubah menjadi bayangan setelah ditemukan jati dirinya yang asli. 

rasionalitas hanya memberi kita kemampuan untuk memprediksi mengontrol dan menciptakan beberapa hal namun tidak akan pernah mengisi hati manusia pencarian terus-menerus untuk kehidupan ataupun negara yang sempurna. dan rasional hanya akan membawa kehancuran bagi kehidupan itu sendiri. manusia butuh kreativitas emosi cinta harapan makna imajinasi dan keajaiban Bukan rasionalitas Yang hanya membawa manusia berputar-putar mengulangi siklus yang sama. 

kita hidup di era yang penuh janji teknologi berkembang pesat ilmu pengetahuan membuka tabir misteri yang tak terhitung dan kebebasan individual yang dulu hanya impian, kini menjadi kenyataan namun, Di balik semua itu ada perasaan hampa yang tak bisa diabaikan. 

seolah-olah semakin kita mendekati kesempurnaan semakin jauh kita tersesat dalam upaya manusia untuk mengendalikan dunia dengan rasionalitas dan teknologi kita malah mengalenasi diri kita sendiri dari makna yang lebih dalam namun kalau kita berani menatap Jurang ketidak bermaknaan ini dengan semua risiko-risiko ini kita akan tahu cara untuk menghadapinya. 

mungkin semua akan terasa menakutkan penuh dengan keraguan dan kesepian sebagai jalan menuju kegelapan yang mengerikan namun di malam dingin yang meliputi segalanya ini. 

kita akan bisa mencapai kehebatan kita akan melompat dari atas gunung menuju bintang-bintang Nietzsche menulis : 

"Aku ingin belajar lebih banyak lagi untuk melihat
apa yang diperlukan dalam segala hal sebagai sesuatu yang indah, lalu aku akan menjadi salah satu dari mereka yang membuat Segalanya Indah, amorfati biarlah itu menjadi cintaku mulai sekarang, aku tidak ingin berperang melawan apa yang jelek ,aku tidak ingin menuduh, Aku bahkan tidak ingin menuduh mereka yang menuduh mengalihkan pandangan, akan menjadi satu-satunya penolakanku dan pada akhirnya secara keseluruhan suatu hari nanti Aku berharap hanya menjadi seseorang yang berkata Ya". 

terima kasih telah membaca sampai akhir

Posting Komentar untuk ""Modernisme: Pembangunan atau Kemunduran?""